logo-icon

Berjuang untuk pemenuhan hak-hak Seksual dan Kesehatan Reproduksi

PROFIL LEMBAGA

Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Kota Semarang adalah salah satu cabang PKBI Jawa Tengah yang berdiri sejak tahun 1970. Fokus utama PKBI Kota Semarang adalah isu-isu kesehatan reproduksi. Kegiatan awal mula PKBI Kota Semarang adalah kegiatan layanan klinik seperti layanan keluarga berencana (kontrasepsi) dengan sistem kafetaria, pengobatan infeksi menular seksual (IMS) serta promosi kesehatan.

Agenda dan Publikasi

04 September 2024

Unlocked Your Potential: Rahasia Dibalik Pola Pikir Yang Mengubah Hidup

post-header


PKBI Kota Semarang – Kita sering kali menemukan bahwa setiap orang punya cara pandang yang unik. Apa yang menyebabkan perbedaan ini? Jawabannya terletak pada mindset atau pola pikir individu. Mindset adalah lensa kacamata yang kita gunakan untuk melihat dunia, dan setiap lensa menghasilkan pandangan yang berbeda.

Mindset adalah fondasi dari cara kita memandang dunia dan diri sendiri. Setiap orang memiliki mindset yang unik, yang akan membentuk pola pikir dan perilaku kita. Secara umum, mindset dapat dibagi menjadi dua kategori: fixed mindset dan growth mindset. Mari kita eksplorasi lebih dalam mengenai kedua tipe mindset ini.

Individu dengan fixed mindset memiliki keyakinan bahwa karakter, bakat, dan kecerdasan adalah sifat bawaan yang tetap dan tidak bisa diubah melalui usaha. Mereka cenderung beranggapan bahwa orang yang sukses adalah mereka yang sudah memiliki bakat alami sejak awal, sehingga tidak perlu keluar dari zona nyaman untuk mencapai tujuan.

Contoh seseorang dengan Fixed mindset, seseorang yang menganggap orang lain yang bekerja keras untuk mencapai suatu hal menandakan jika orang tersebut sebenarnya tidak punya bakat dibidang tersebut.

Growth mindset adalah keyakinan bahwa kemampuan seseorang dapat terus berkembang seiring waktu. Orang dengan pola pikir ini cenderung lebih gigih, terbuka terhadap tantangan, dan mampu belajar dari kesalahan. Dengan demikian, mereka lebih siap menghadapi perubahan dan meraih kesuksesan. 

Contoh seseorang dengan Growth mindset, seseorang yang memiliki anggapan bahwa tantangan akan membuatnya lebih berkembang, lebih pintar, dan lebih sukses.

Terdapat perbedaan mendasar antara fixed mindset dan growth mindset dalam memandang potensi diri. Individu dengan fixed mindset menganggap bakat dan kecerdasan sebagai sesuatu yang sudah ditentukan sejak lahir dan tidak dapat diubah. Sebaliknya, mereka yang memiliki growth mindset percaya bahwa kemampuan dapat terus diasah dan ditingkatkan melalui usaha dan pembelajaran.

Dapatkan informasi terbaru dari Griya Muda Kota Semarang melalui:
Instagram: @griyamuda
Selalu terhubung dengan kami di layanan helpdesk via Whatsapp: +6287863801230




Referensi:

Cherry, Kendra. What Is a Mindset and Why It Matters. Very Well Mind, https://www.verywellmind.com/what-is-a-mindset-2795025#toc-fixed-vs-growth-mindsets,

Smith, Jennifer. Growth Mindset vs Fixed Mindset: How what you think affects what you achieve. Mindset Health, https://www.mindsethealth.com/matter/growth-vs-fixed-mindset,

Cote, Catherine. Growth Mindset vs Fixed Mindset: What’s the Difference? Harvard Business School, https://online.hbs.edu/blog/post/growth-mindset-vs-fixed-mindset https://www.generali.co.id/en/healthyliving/healthy-lifestyle/perbedaan-fixed-mindset-dan-growth-mindset ,



Gallery

program

Griya ASA

Pendampingan dan penyuluhan pada kelompok beresiko tinggi HIV seperti pekerja seks, pengguna narkoba suntik, lelaki seks dengan lelaki, warga binaan penjara dan sebagainya.

Klinik Griya ASA

Menyediakan layanan kesehatan yang ramah terutama kesehatan reproduksi.

Griya PMTCT

Memberikan penyuluhan dan pengobatan pada wanita subur dan ibu hamil tentang pencegahan HIV.

KDS Dewi Plus

Mendampingi dan memberikan dukungan psikologisosial pada orang dengan HIV AIDS (ODHA).

Griya Muda

Memberikan pendidikan kesehatan reproduksi serta layanan konseling pada remaja.

Penelitian dan Pengembangan

Menyediakan pelayanan pendidikan, penelitian dan kemah kerja untuk masyarakat, akademisi dan peneliti terkait isuisu yang ditangani PKBI Kota Semarang.

mitra