logo-icon

Berjuang untuk pemenuhan hak-hak Seksual dan Kesehatan Reproduksi

PROFIL LEMBAGA

Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Kota Semarang adalah salah satu cabang PKBI Jawa Tengah yang berdiri sejak tahun 1970. Fokus utama PKBI Kota Semarang adalah isu-isu kesehatan reproduksi. Kegiatan awal mula PKBI Kota Semarang adalah kegiatan layanan klinik seperti layanan keluarga berencana (kontrasepsi) dengan sistem kafetaria, pengobatan infeksi menular seksual (IMS) serta promosi kesehatan.

Agenda dan Publikasi

16 Mei 2023

FGD "HIV Prevention, Human Rights and Young Key Populations Programs Review", Kementerian Kesehatan dan UNAIDS


Hari dan Tanggal Kegiatan: Senin, 19 Desember 2022
Tempat Kegiatan: Aula Pertemuan Yayasan kalandara, Kota Semarang
Peserta: 5 Peserta, terdiri dari perwakilan Yayasan eLSA, Perwakilan yayasan kalandara, Perwakilan Yayasan Peduli kasih (PEKA), Perwakilan PKBI Kota Semarang, serta perwakilan yayasan FKPB Batang.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengkaji implementasi program-program terkait pencegahan HIV, pendampingan ODHIV, intervensi human rights, rekomendasi untuk mengintegrasi young key population serta intervensi spesifik program nasional HIV.

Sesi dilanjut dengan diskusi terarah yang dipimpin langsung oleh fasilitator dari UNAIDS, dimana pembahasan banyak mengarah pada dinamika lapangan program HIV pada populasi kunci, program pendampingan pada ODHIV, selain itu membahas pula terkait tantangan dan kendala yang dialami oleh pelaksana program, baik di tingkat SR maupun SSR. Selain program, diskusi dilanjut melihat perkembangan stok ARV serta logistik pendukung pencegahan HIV, termasuk logistik obat IMS, serta yang terbaru adalah terkait ketersediaan Prep.

Diskusi dilanjutkan dengan pembahasan rencana tindak lanjut, serta pembahasan perencanaan program tahun 2024-2026.



Proses FGD

Proses FGD

Gallery

program

Griya ASA

Pendampingan dan penyuluhan pada kelompok beresiko tinggi HIV seperti pekerja seks, pengguna narkoba suntik, lelaki seks dengan lelaki, warga binaan penjara dan sebagainya.

Klinik Griya ASA

Menyediakan layanan kesehatan yang ramah terutama kesehatan reproduksi.

Griya PMTCT

Memberikan penyuluhan dan pengobatan pada wanita subur dan ibu hamil tentang pencegahan HIV.

KDS Dewi Plus

Mendampingi dan memberikan dukungan psikologisosial pada orang dengan HIV AIDS (ODHA).

Griya Muda

Memberikan pendidikan kesehatan reproduksi serta layanan konseling pada remaja.

Penelitian dan Pengembangan

Menyediakan pelayanan pendidikan, penelitian dan kemah kerja untuk masyarakat, akademisi dan peneliti terkait isuisu yang ditangani PKBI Kota Semarang.

mitra