logo-icon

Berjuang untuk pemenuhan hak-hak Seksual dan Kesehatan Reproduksi

PROFIL LEMBAGA

Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Kota Semarang adalah salah satu cabang PKBI Jawa Tengah yang berdiri sejak tahun 1970. Fokus utama PKBI Kota Semarang adalah isu-isu kesehatan reproduksi. Kegiatan awal mula PKBI Kota Semarang adalah kegiatan layanan klinik seperti layanan keluarga berencana (kontrasepsi) dengan sistem kafetaria, pengobatan infeksi menular seksual (IMS) serta promosi kesehatan.

Agenda dan Publikasi

21 Mei 2023

Advance Training Penjangkauan Populasi Kunci Untuk Outreach Worker dan Dukungan Orang Dengan HIV (Finalisasi Pedoman dan Modul Pelatihan), YPK eLSA


Hari dan Tanggal Kegiatan: Senin-Kamis, 19-22 Desember 2022
Tempat Kegiatan: Hotel Aston Inn Pandanaran, Kota Semarang
Peserta: 17 Peserta, terdiri dari perwakilan Yayasan eLSA selaku Sub recipient (SR), serta Perwakilan dari masing-masing Sub-sub Recipient (SSR).

Kegiatan ini bertujuan untuk finalisasi pedoman komprehensif program penjangkauan dan dukungan orang dengan HIV, Finalisasi Modul pelatihan penjangkauan populasi kunci, dan Finalisasi Plan of Action (POA) tahun 2023. Sesi dibuka oleh Koordinator SR, mas Tedi Kholiludin. adapun overviewnya antara lain pembahasan modul, paparan program, serta finalisasi POA.

Diskusi dilanjutkan dengan pembahasan Modul yang disampaikan oleh mas Wahyu, dimana modul ini kedepan akan digunakan sebagai bahan pegangan pelaksana program di lapangan serta apabila dibutuhkan juga bisa dijadikan pedoman bagi pelayanan kesehatan dan organisasi pelaksana program HIV. Hari ke dua dan ke tiga banyak membahas terkait Plan of Action (POA) tahun 2023 serta strategi implementasi program tahun 2023. Adapun pada hari terakhir menginventarisir rencana tindak lanjut serta komitmen tahun 2023



Diskusi POA dan Program 2023

Closing hari pertama

Closing hari ke tiga

Closing hari ke dua

Gallery

program

Griya ASA

Pendampingan dan penyuluhan pada kelompok beresiko tinggi HIV seperti pekerja seks, pengguna narkoba suntik, lelaki seks dengan lelaki, warga binaan penjara dan sebagainya.

Klinik Griya ASA

Menyediakan layanan kesehatan yang ramah terutama kesehatan reproduksi.

Griya PMTCT

Memberikan penyuluhan dan pengobatan pada wanita subur dan ibu hamil tentang pencegahan HIV.

KDS Dewi Plus

Mendampingi dan memberikan dukungan psikologisosial pada orang dengan HIV AIDS (ODHA).

Griya Muda

Memberikan pendidikan kesehatan reproduksi serta layanan konseling pada remaja.

Penelitian dan Pengembangan

Menyediakan pelayanan pendidikan, penelitian dan kemah kerja untuk masyarakat, akademisi dan peneliti terkait isuisu yang ditangani PKBI Kota Semarang.

mitra